ADAB PENUNTUT ILMU KEPADA GURUNYA (Bagian 1)

Ditulis Oleh: Suyudi Mokoginta

بسم الله الرحمن الرحيم

KEDUDUKAN ADAB DALAM AGAMA ISLAM

Asy-Syaikh ‘Aidh bin Muqbil Ar-robi’iy -حفظه الله- berkata dalam muqoddimah buku kecil beliau, yang berjudul “Adabut Tholib ma’a syaikhihi” (Adab penuntut ilmu bersama Gurunya) :

Agama Islam adalah agama yang sempurna, baik dalam aqidah, ibadah, dan muamalah. Maka Rasulullah -صلى الله عليه وسلم- tidak meninggalkan satupun kebaikan, kecuali beliau menunjukkan dan mengajak kita kepadanya, dan tidaklah beliau meninggalkan satupun keburukan kecuali beliau mencegah dan melarang kita darinya.

Dan sesungguhnya diantara perkara yang dibawa oleh agama kita Agama Islam adalah: Adab yang tinggi dan terpuji, dan Akhlak yang mulia dalam segala bentuk urusan. Diantaranya: Adab bersama Allah, adab bersama Rasul-Nya, adab bersama kedua orangtua, adab bersama guru, adab bersama tetangga, dan adab dalam makan, minun dan berpakaian, dan adab dalam semua urusan agama dan dunia.

Dan telah datang janji berupa ganjaran yang besar bagi siapa yang berpegang teguh dengan adab-adab ini. Dan telah datang pula ancaman-ancaman berupa hukuman-hukuman di dunia dan di akhirat bagi siapa saja yang meninggalkan dan bermain-main dengan adab-adab yang islami atau sebagiannya”. (Lihat: Adabut Tholib Ma’a Syaikhihi halaman: 7 karya Asy-Syaikh ‘Aidh bin Muqbil Ar-robi’iy).

_____
Kesimpulannya, adab merupakan ajaran islam, bahkan seluruh bagian dari ajaran agama islam adalah adab itu sendiri.

Perkataan di atas, merupakan bagian dari muqoddimah risalah kecil Beliau yang berjudul آداب الطالب مع شيخه (Adab-adab penuntut ilmu bersama Gurunya). Yang insyaAllah kedepannya semoga Allah mudahkan untuk terus berbagi faidah dari buku kecil yang sangat bermanfaat ini. Aamiin.

Dan buku ini, sesuai judulnya, lebih mengerucut pada pembahasan bagaimana kita sebagai penuntut ilmu bermuamalah/bergaul secara langsung dengan Guru kita, baik ketika di dalam majlis ilmu, maupun selainnya, adab dan etika-etikanya seperti apa, beserta dalil dan contoh pengamalan dari para Sahabat dan Ulama-ulama salaf.

Semoga bermanfaat. Bersambung insyaAllah.

|Kotaraya, Sulawesi Tengah. Ahad 25 Al-Muharram 1442 H/13 September 2020 M.

www.minhajussunnah.or.id

Silahkan Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2269-535 a.n. PONPES MINHAJUSSUNNAH KOTARAYA, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: