ADAB PENUNTUT ILMU KEPADA GURUNYA (Bagian 2).

Ditulis Oleh: Suyudi Mokoginta

بسم الله الرحمن الرحيم

PENTINGNYA ADAB BERSAMA GURU

Secara umum, berkata dan berbuat sesuai Adab yang Islamiy sangat penting bagi kita semua. Bahkan para ulama terdahulu, mereka memiliki perhatian yang sangat tinggi terhadap pembelajaran adab kepada anak-anak mereka sejak dini.

Imam Ibnu Aqil -رحمه الله- berkata dalam kitab Al-Funun, sebagaimana yang dinukil oleh Asy-Syaikh ‘Aidh bin Muqbil Ar-Robi’iy -حفظه اللخ- : “Dan berkata seseorang kepada anaknya : “Pelajarilah adab! Karena sesungguhnya ia adalah tambahan dalam akal, penjaga kehormatan, perhiasan dalam majelis, dan kawan ditengah keasingan””. (Lihat: Adabut Tholib ma’a syaikhihi halaman: 5 karya Asy-Syaikh ‘Aidh bin Muqbil Ar-robi’iy).

Secara khusus, diantara adab yang paling penting adalah adab kita sebagai penuntut ilmu ketika bersama orang yang mengajarkan ilmu kepada kita. Mengapa demikian?

Asy-Syaikh Muhammad bin Sholih Al-Utsaimin -رحمه الله- berkata dalam kitab Syarah hilyah li tholibil ilmi, sebagaimana yang dinukil oleh Asy-Syaikh ‘Aidh bin Muqbil Ar-Robi’iy -حفظه اللخ- : “Adab Penuntut ilmu bersama Gurunya. Dan ini merupakan bagian dari adab yang paling penting bagi penuntut ilmu. Yaitu ia harus memandang Gurunya sebagai Pengajar dan Pembimbing. Pengajar yang akan memberikan ilmu, dan Pembimbing yang ia harus menunjukkan adab kepadanya. Dan seorang pelajar jika ia tidak mempercayakan kepada Gurunya dua hal ini, maka sesungguhnya ia tidak akan dapat mengambil manfaat yang diharapkan dari (ilmu) Gurunya. (Lihat: Adabut Tholib ma’a syaikhihi halaman: 5 karya Asy-Syaikh ‘Aidh bin Muqbil Ar-robi’iy).

Dari penjelasan Beliau di atas, dapat kita lihat bahwa kurang beradabnya seorang penuntut ilmu kepada Gurunya, merupakan salah satu sebab ia tidak mendapatkan manfaat ilmu dari Guru itu sendiri. JIKA DEMIKIAN UNTUK APA BERKORBAN WAKTU, HARTA, DAN TENAGA UNTUK BELAJAR JIKA UJUNG-UJUNGNYA TIDAK MENDAPAT MANFAAT SEDIKITPUN?! KITA BERLINDUNG KEPADA ALLAH -عز وجل- DARI KERUGIAN YANG BESAR ITU.

Maka sangat penting mempelajari adab bagi kita semua, baik secara umum maupun secara terperinci. Karena tidak ada satupun lini kehidupan kecuali Islam telah mengatur adabnya, dan seluruh ajaran Islam merupakan tuntunan adab yang terbaik. Dan sudah merupakan perkara yang kita ketahui bersama, bahwa kita semua wajib menjalankan syariat Islam yang mulia ini.

Lalu apa yang dimaksud dengan Adab itu? Nantikan pada pembahasan berikutnya, InsyaaAllah.

Semoga bermanfaat.

|Kotaraya, Sulawesi Tengah. Selasa 27 Al-Muharram 1442 H/15 September 2020 M.

www.minhajussunnah.or.id

Silahkan Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2269-535 a.n. PONPES MINHAJUSSUNNAH KOTARAYA, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: