ADAB PENUNTUT ILMU KEPADA GURUNYA (Bagian 9)

Ditulis Oleh: Suyudi Mokoginta

بسم الله الرحمن الرحيم

PENUNTUT ILMU WAJIB BERTERIMAKASIH PADA GURUNYA

Nabi -صلى الله عليه وسلم- bersabda:

لا يشكر الله من لا يشكر الناس

“Tidak dianggap bersyukur pada Allah orang yang tidak berterimakasih pada manusia”. (Hr. Abu Daud dan Tirmidzi dari Sahabat Abu Hurairah -رضي الله عنه-)

Syaikh ‘Aidh bin Muqbil Ar-robi’iy -حفظه الله- berkata: “Bagaimana mungkin seorang penuntut ilmu tidak bersyukur pada Gurunya, sedangkan gurunya bersusah paya untuk memperbaikinya dengan dakwahnya, agar penuntut ilmu berhias dengan sifat-sifat yang terpuji dan membersihkan diri dari sifat tercela?!

Bahkan terkadang seorang guru juga berusaha memberi manfaat pada murid-muridnya dengan harta jika ia mampu, setelah ia memberikan ilmu yang bermanfaat yang lebih berharga dari dunia dan seisinya… “

Bersyukur kepada guru itu adalah dengan menaatinya, mendoakannya, dan berusaha mengetahui keutaamaannya, menghormatinya, dan yang semisalnya dari adab-adab bersama Guru”. (Lihat: Adabut Tholib ma’a syaikhihi halaman: 20-21, karya Asy-Syaikh ‘Aidh bin Muqbil Ar-robi’iy).

Jika ada teman yang memberi kita sesuatu dari kebaikan dunia, makanan misalnya, maka pasti kita akan dianggap kurang baik jika kita tidak berterimakasih, bagaimana kepada seorang guru yang memberi kita kebaikan yang paling baik yaitu ilmu yang akan menyelamatkan kita dari siksa Allah?

Ketika kita diberi dunia, seketika itu pula kita mengucapkan terimakasih, namun ketika diberi ilmu, lebih sering kita lupa rasa terimakasih kepada guru kita.

Wallahul muwaffiq

|Akhukum Suyudi Mokoginta, Dimurojaah Oleh Ustadz Abu Uwais Musaddad.
| Kotaraya, Sulawesi Tengah. Kamis, 19 Robiul Awal 1442 H/ 05 Oktober 2020 M.

www.minhajussunnah.or.id

Silahkan Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2269-535 a.n. PONPES MINHAJUSSUNNAH KOTARAYA, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: