DIBUANG SAYANG

Ditulis Oleh: Abu Uwais Musaddad

Malam ini terbangun sekitar pukul 02:30 dini hari, karena ayam saya teriak dan ternyata bukan karena maling, cuma lagi punya masalah dengan teman tidurnya si babon yang satunya lagi, lalu mulailah saya melek dan tehimpunlah beberapa faidah yang dibuang sayang:

1. Juallah duniamu untuk akhiratmu niscaya engkau tetap mendapatkan keduanya, namun jika engkau menjual akhiratmu untuk duniamu niscaya engkau akan kehilangan kedua-duanya.

2. Perhitungan manusia: sekali engkau tak bisa dipercaya, selamanya engkau dianggap dusta. Betapa berbeda dengan perhitungan Allah: siapa yang bertaubat maka ia bagaikan yang tak pernah punya salah.

3. Allah menciptakan kesedihan bukan agar kita bersedih selamanya, namun untuk bila kita telah merasa hancur maka tidaklah kembali kecuali kembali kepada-Nya.

4. Tanpa Allah, kita bukanlah apa-apa dan bukan siapa-siapa.

5. Tawadhu`lah!!! karena surga tidak dimasuki orang-orang yang sombong.

6. Engkau tidak begitu butuh pada teriakanmu di tengah-tengah do`a, cukup dengan lirih pun dapat membuka pintu langit, karena Allah berfirman tentang Zakariya:

إِذْ نَادَى رَبَّهُ نِدَاءً خَفِيًّا

Artinya: “(yaitu) ketika dia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut”. (Surat Maryam: 3). Allah juga berfirman:

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

Artinya: “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut, Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas”. (Surat Al-A`raf: 55).

7. Seseorang mengatakan kaca yang pecah tak bisa diperbaiki dengan sempurna walau dipoles dengan apa pun, namun Nabi bersabda: orang yang bertaubat dari dosa seperti yang tidak pernah ada bekas-bekas dosa (Riwayat Ibnu Majah).

8. Betapa sering senyum itu ternyata cukup ampuh menjadi sebab sembuhnya dirimu sendiri dan selainmu.

9. Di antara nikmat Allah adalah bila engkau mendapti istrimu menyintaimu, begitu pun bagi wanita, termasuk nikmat-Nya adalah bila suaminya menyintainya.

10. Pilihlah shahabat yang ketika engkau berada di antara mereka maka dengannya engkau malu melakukan kemaksiatan, janganlah memilih shahabat yang ketika engkau berada di antara mereka maka dengannya engkau malah malu melakukan ketaatan kepada Allah.

11. Dua hal yang tentu akan menyibak hakikat sejatinya dirimu, kesabaranmu ketika tak memiliki apa-apa, keistiqamahanmu ketika telah memiliki apa saja.

12. Barangkali engkau temui sesuatu yang ada manfaatnya!!! sebarkanlah, karena terkadang seseorang meremehkan yang remeh di sisinya namun mahal dan berharga pada proses hijrah orang lain di sisi mereka.

|Kotaraya – Palu – Sulawesi Tengah. Kamis 05 Sya`ban 1440 H/11 April 2019 M.

(Artikel Ini Pernah Dimuat Dalam Akun Facebook Abu Uwais Musaddad Pada Status No. 1221).

Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2813-504 a.n. MUKHLISIN, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000 (MUKHLISIN) /085361615000 (ADMIN)

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: