MENJAUHI TEMPAT-TEMPAT YANG BISA MENDATANGKAN PERSANGKAAN BURUK

Ditulis Oleh: Abu Uwais Musaddad

Imam Badruddin Ibnu Jama`ah, dalam kitab beliau TADZKIRATUS-SAAMI` WAL MUTAKALLIM FII ADABIL `ILMI WAL MUTA`ALLIM berkata (tentang adab seorang guru terhadap dirinya sendiri):

Minimalnya seorang `alim hendaknya merasa TERNODAI (kotor) apabila bergantung dengan urusan dunia. karena dirinya adalah manusia yang paling mengetahui (mestinya) tentang kerendahan dunia, fitnah dunia, dan betapa cepat binasanya si dunia serta banyaknya rasa lelah dan letih yang harus dikorbankan untuk mendapatkannya. Mestinya ia menjadi orang yang terdepan untuk berpaling darinya dan tidak menyusahkan diri dengan kesusahannya. (Hal. 47 Cet. Daarul Ma`ali).

Beliau juga mengatakan: demikian juga mestinya ia menjauhkan diri dari tempat-tempat yang bisa mendatangkan persangkaan buruk terhadap dirinya dan tidak melakukan sesuatu yang bisa mengurangi muru`ah (harga diri) dari tempat yang secara dzahir tidak disukai walaupun secara bathin teranggap boleh. (Hal. 49 Cet. Daarul Ma`ali).

|Kotaraya – Palu – Sulawesi Tengah. Selasa 03 Sya`ban 1440 H/09 April 2019 M.

(Artikel Ini Pernah Dimuat Dalam Akun Facebook Abu Uwais Musaddad Pada Status No. 1220).

Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2813-504 a.n. MUKHLISIN, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000 (MUKHLISIN) /085361615000 (ADMIN)

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: