MENJELEK-JELEKKAN PENGUASA ITU DOSA

MENJELEK-JELEKKAN PENGUASA ITU DOSA

Oleh: Abu Uwais Musaddad

Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas –hafidzahullah- menulis: Menjelek-jelekkan penguasa, membeberkan aibnya, menyebutkan kekurangannya, menampakkan kebencian kepadanya di hadapan umum atau melalui media lainnya dan mengadakan profokasi, hal tersebut bukan cara yang benar. Bahkan cara ini menyelisihi petunjuk Nabi –shallallahu `alaihi wa sallam-, berdosa karena menyalahi Sunnah, menimbulkan kerusakan dan bahaya yang lebih besar serta tidak ada manfaatnya. Orang yang melakukan hal demikian akan dihinakan Allah pada hari kiamat.

Rasulullah –shallallahu`alaihi wa sallam- bersabda:

مَنْ أَكْرَمَ سُلْطَانَ اللَّهِ فِي الدُّنْيَا ، أَكْرَمَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، وَمَنْ أَهَانَ سُلْطَانَ اللَّهِ فِي الدُّنْيَا ، أَهَانَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: Barang siapa yang memuliakan penguasa di dunia, ia akan dimuliakan oleh Allah di akhirat. Dan barang siapa yang menghinakan penguasa di dunia, maka Allah akan hinakan dia pada hari kiamat. (HR. Ahmad (V/42, 48-49), dari Abi Bakrah, Nufai` bin al-Harits –radliyallahu`anhu-. Hadits ini hasan, lihat Silsilah Ahadits Ash-Shahihah [V/375-376]).

Ahlus Sunnah wal Jama`ah berpendapat bahwa mentaati pemerintah secara ma`ruf merupakan salah satu dasar utama `aqidah. Dari sini para imam salaf memasukkannya dalam kitab-kitab `aqidah.

Hampir seluruh kitab `aqidah pasti menyebutkan dan menjelaskan tentang wajibnya taat kepada ulil amri. Ketaatan ini termasuk kewajiban syar`I atas setiap muslim. Karena ini merupakan perkara asasi untuk mewujudkan statbilitas keamanan dan ketertiban di dalam negeri kaum Muslimin.

(Disalin Dari Buku SYARAH AQIDAH AHLUS-SUNNAH WAL JAMA`AH, Hal. 569-570. Karya Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas –hafidzahullah-).

|Kotaraya, Sulawesi Tengah. Jum`at 13 Jumadal Ula 1438 H/09 Februari 2017 M.

(Artikel Ini Pernah Dimuat Dalam Akun Facebook Abu Uwais Musaddad Pada Status No. 1114).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: