BERSEDEKAH, APA UNTUNGNYA? (2)

BERSEDEKAH, APA UNTUNGNYA?

Oleh: Abu Uwais Musaddad

Setelah mengetahui tentang keutamaan sedekah pada artikel bagian pertama, kita akan melanjutkan pembahasan tentang keutamaan bersedekah pada bagian kedua berikut, bahwa di antara keutamaan bersedekah adalah:

2. SEDEKAH SUNNAH DAPAT MENYEMPURNAKAN ZAKAT YANG DIWAJIBKAN DAN MENAMBAL YANG KURANG DARINYA

Rasulullah –shallallahu `alaihi wa sallam- bersabda,

أول ما يحاسب به العبد يوم القيامة صلاته فإن كان أتّمها كُتبت له تامة وإن لم يكن أتّمها قال الله -عز وجل- لملائكته : انظروا هل تجدون لعبدي من تطوع فتكملون بها فريضته ثم الزكاة كذلك ثم تؤخذ الأعمال على حسب ذلك

Artinya: “Perkara yang pertama kali dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Jika ia menyempurnakan shalatnya, ditulislah baginya dengan sempurna. Dan jika ia tidak menyempurnakannya, Allah `Azza wa Jalla berfirman kepada Malaikat-Nya: lihatlah! Apakah hamba-Ku memiliki sholat sunnah, maka sholat wajibnya disempurnakan oleh shalat sunnah tadi. Demikian juga halnya dengan ZAKAT, kemudian SEMUA AMAL diberlakukan seperti itu”. (Shahih: HR. Ahmad (IV/65, 103), Abu Dawud (no. 864-866), dan Ibnu Majah (no. 1425). Lihat Shahih Sunan Abi Dawud (IV/16-20).

(Disalin dari buku “SEDEKAH, SEBAGAI BUKTI KEIMANAN DAN PENGHAPUS DOSA” karya Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas, cetakan ke empat, halaman 32-33).

|Sulawesi, Rabu 01 Jumaadal Uula 1347 H/09 Februari 2016 M.

(Artikel Ini Pernah Dimuat Dalam Akun Facebook Abu Uwais Musaddad Pada Status No. 1017)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: