BERSEDEKAH, APA UNTUNGNYA? (3)

BERSEDEKAH, APA UNTUNGNYA?

Oleh: Abu Uwais Musaddad

Setelah mengetahui tentang keutamaan sedekah pada artikel bagian pertama dan kedua, kita akan melanjutkan pembahasan tentang keutamaan bersedekah pada bagian ketiga berikut, bahwa di antara keutamaan bersedekah adalah:

3. SEDEKAH MENGHAPUS KESALAHAN DAN DOSA

Allah Ta`aala berfirman:

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: “Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu, dan Allah akan menghapus sebagian kesalahanmu. Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al-Baqarah: 271).

Rasulullah –shallallahualaihi wa salllam- bersabda:

وَالصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ

Artinya: “….Sedekah itu dapat menghapuskan kesalahan laksana air dapat memadamkan api”. (Shahih: HR. Ahmad (V/248), At-Tirmidzi (no. 2616). Lihat Irwaa-ul Ghaliil (II/138).

(Disalin dari buku “SEDEKAH, SEBAGAI BUKTI KEIMANAN DAN PENGHAPUS DOSA” karya Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawas, cetakan ke empat, halaman 33).

CATATAN:
-Allah Maha Teliti terhadap apa-apa yang kita kerjakan, jangan pura-pura tak berdosa atau tak pernah berbuat salah!! Akui saja, toh Allah memberikan jalan keluar demi terhapusnya sebagian kesalahan tersebut yaitu dengan bersedekah, ya di antaranya dengan besedekah. Bersedekahlah!! Anggap ini kabar gembira berupa jalan keluar dari derita tertumpuknya dosa dan kesalahan selama ini yang terus menumpuk dan berjejal.

|Sulawesi, Kamis 02 Jumaadal Uula 1347 H/10 Februari 2016 M.

(Artikel Ini Pernah Dimuat Dalam Akun Facebook Abu Uwais Musaddad Pada Status No. 1018).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: