DAKWAH ITU MENEBAR KETENANGAN

DAKWAH ADALAH MENYEBARKAN KETENANGAN, ITULAH JALAN PARA NABI

Nabi Yusuf berkata: LAA TABTA’IS (janganlah egkau bersedih hati).
Nabi Muhammad pun berkata: LAA TAHZAN (jangan engkau bersedih).

Ucapan Nabi Yusuf ini Allah abadikan dalam alqur’an:

وَلَمَّا دَخَلُوا عَلَى يُوسُفَ آوَى إِلَيْهِ أَخَاهُ قَالَ إِنِّي أَنَا أَخُوكَ فَلا تَبْتَئِسْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya: “Dan ketika mereka masuk ke (tempat) Yusuf, dia menempatkan saudaranya (Bunyamin) di tempatnya, dia (Yusuf) berkata: “Sesungguhnya aku adalah saudaramu, JANGAN ENGKAU BERSEDIH HATI terhadap apa yang telah mereka kerjakan”. (Surat Yusuf: 69).

Sedangkan ucapan Nabi Muhammad –shallallahu`alaihi wa sallam- ini Allah abadikan dalam surat yang lain:

إِلا تَنْصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ الَّذِينَ كَفَرُوا ثَانِيَ اثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِي الْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ لا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا فَأَنْزَلَ اللَّهُ سَكِينَتَهُ عَلَيْهِ وَأَيَّدَهُ بِجُنُودٍ لَمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِينَ كَفَرُوا السُّفْلَى وَكَلِمَةُ اللَّهِ هِيَ الْعُلْيَا وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Artinya: “Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Mekah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, “JANGAN ENGKAU BERSEDIH, sesungguhnya Allah bersama kita.” Maka Allah menurunkan KETENANGAN kepadanya (Muhammad dan membantu dengan bala tentara yang tidak terlihat olehmu, dan dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan seruan Allah itulah yang tinggi. Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana. (Surat At-Taubah: 40).

Dakwah itu menyebarkan ketenangan bukan kegaduhan, kekhusyu`an bukan ketergesa-gesaan, kegembiraan bukan kesedihan, kewibawaan bukan urakan.

Allahu A`lam.

|Abu Uwais Musaddad
|Kotaraya, Sulawesi Tengah. Senin 19 Dzulqa`dah 1437 H/ 22 Agustus 2016 M.

(Artikel Ini Pernah Dimuat Dalam Akun Facebook Abu Uwais Musaddad Pada Status No. 1077).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: