JAMAAH KIAN ENGGAN MENJAWAB SALAM SANG KHOTIB

Ditulis Oleh: Ustadz Abu Uwais Musaddad

Semakin jauhnya sikap kaum muslimin dari berlomba-lomba memperbanyak bekal kebaikan, terbukti dengan semakin sedikitnya orang yang mau menjawab salamnya khotib.

Betapa sering kejadian tersebut berulang, ketika sang khotib mengucapkan salam maka jamaah yang menjawab salam hanya beberapa gelintir saja. Menjawab salam itu dengan jahr, bukan sekedar “mbatin” dalam hati.

Padahal Allah berfirman dalam Surat An Nisa:

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيبًا

Artinya: “Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu”. (Surat An-Nisaa: 86).

Meskipun bila salah seorang jamaah sudah ada yang menjawab salam sang khotib maka telah gugur kewajiban menjawab bagi yang lain karena teranggap terwakili. Namun, tidakkah seseorang berlomba memperbanyak kebaikan???

Sekali lagi, TIDAKKAH SESEORANG YANG BERAKAL LEBIH LAYAK UNTUK BERLOMBA MEMPERBANYAK KEBAIKAN???

===Menjawab salam sang khotib juga termasuk syi`ar Islam.

===Menjawab salam sang khotib lalu ditiru oleh orang lain saat kita menjadi poelopor kebaikan juga termasuk menunjuki kebaikan yang akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengikutinya.

===Menjawab salam sang khotib juga bisa menumbuhkan saling cinta antara sang khotib dengan jamaahnya.

===Menjawab salam sang khotib termasuk menghargai orang yang akan membagi ilmunya.

===Tidak hanya dalam sholat jum`at, namun perhatikan juga saat yang lain, jawablah salam!! Wallahu A`lam.

(Sumber: Status Fb. Ustadz Abu Uwais Musaddad, no. 0929).
——
Silahkan Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2269-535 a.n. PONPES MINHAJUSSUNNAH KOTARAYA, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: