KEUTAMAAN ILMU LEBIH BAIK DARI KEUTAMAAN HARTA

Ditulis Oleh: Abu Uwais Musaddad

Di antara alasan mengapa keutamaan ilmu itu lebih baik ketimbang keutamaan harta adalah:

  1. Ilmu itu adalah peninggalan para Nabi, sedangkan harta adalah warisan para raja dan orang-orang kaya.
  2. Ilmu itu akan menjaga pemiliknya, sedangkan harta malah pemiliknyalah yang harus menjaganya.
  3. Ilmu adalah penguasa harta, sedangkan harta tidak berkuasa apa-apa terhadap ilmu.
  4. Harta akan habis jika dikeluarkan atau dibelanjakan, sedangkan ilmu akan bertambah bila dikeluarkan diajarkan.
  5. Pemilik harta jika meninggalkan dunia maka ia akan terpisah dengan hartanya, sedangkan pemilik ilmu jika meninggal dunia maka ia tetap akan bersama dengan ilmunya di dalam kuburnya.
  6. Harta dapat diraih oleh orang-orang beriman maupun orang-orang kafir, begitu pula orang-orang yang baik maupun orang-orang yang jahat. Sedangkan ilmu yang bermanfaat tidak mungkin diraih kecuali oleh orang-orang yang beriman.
  7. Orang-orang yang memiliki harta dibutuhkan oleh para raja dan orang-orang di bawah mereka, sedangkan pemilik harta hanya dibutuhkan oleh orang-orang yang miskin dan tak punya apa-apa.
  8. Jiwa akan menjadi mulia dan bersih dengan sebab mengumpulkan ilmu dan berusaha meraih ilmu, ini tentu sebuah kesempurnaan dan kemuliaan, sedangkan harta maka ia tidak menjamin akan menjadi sebab seseorang tambah bersih jiwanya atau tambah mulia.
  9. Harta mengajak jiwa pemiliknya kepada sikap melampaui batas, bangga diri, dan sombong, sedangkan ilmu mengajak pemiliknya kepada sikap rendah hati dan melaksanakan ibadah. Harta mengajak jiwa pemiliknya kepada sifat para raja, sedangkan ilmu mengajak jiwa pemiliknya kepada sifat orang-orang ahli ibadah.
  10. Tidaklah satu orang melakukan ketaatan kepada Allah melainkan dengan ilmu, sedangkan sebagian besar manusia tidaklahg berbuat maksiat kepada Allah melainkan karena harta mereka. (Diringkas dari Al-`Ilmu Fadhluhu wa syarafuhu, hal. 160-162).

|Kotaraya, Sulawesi Tengah. Senin 19 Syawal 1442 H/ 31 Mei 2021 M. Di Pesantren Minhajussunnah Kotaraya

(Artikel Ini Pernah Dimuat Dalam Akun Facebook Abu Uwais Musaddad Pada Status No. 1336).

Silahkan Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2269-535 a.n. PONPES MINHAJUSSUNNAH KOTARAYA, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: