ORANG BERILMU ADALAH MAKHLUK YANG PALING BAIK

Ditulis Oleh: Abu Uwais Musaddad

Perhatikan ketika Allah menyebutkan tentang sebaik-baik manusia, bahwa mereka adalah orang-orang yang takut kepada Rabb-nya. Allah berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ
جَزَاؤُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ذَلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهُ

Artinya: “Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang TAKUT KEPADA TUHANNYA”. (Surat Al-Bayyinah: 7-8).

Dan ingatlah kembali bahwa yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya hanyalah orang-orang yang berilmu. Itu terbukti dengan firman Allah:

إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ

Artinya: “Di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya, hanyalah para ulama…”. (Surat Fathir: 28).

Oleh karena itu, orang yang lebih mengenal Allah, maka akan lebih bertambah rasa takutnya, ilmu tersebut akan membimbingnya untuk menahan diri dari maksiat dan mempersiapkan diri untuk bertemu dengan Allah yang dia takuti. Ayat ini menunjukkan keutamaan ilmu, karena ilmu menambah seseorang takut kepada Allah, dan orang-orang yang takut kepada Allah itulah orang-orang yang mendapatkan keistimewaan dari-Nya yaitu SURGA `ADN, sebagaimana firman Allah Ta’ala: “Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah SURGA ‘ADN yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang TAKUT kepada Tuhannya”. (Surat Al-Bayyinah: 8).

|Kotaraya – Palu – Sulawesi Tengah. Selasa 19 Rajab 1440 H/26 Maret 2019 M.

(Artikel Ini Pernah Dimuat Dalam Akun Facebook Abu Uwais Musaddad Pada Status No. 1218).

Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2813-504 a.n. MUKHLISIN, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: