SUDAH RASANYA PAHIT, BAUNYA TIDAK ENAK

Ditulis Oleh: Ustadz Abu Uwais Musaddad

Rasulullah -shallallahu`alaihi wa sallam- bersabda:

مَثَلُ الَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ كَالْأُتْرُجَّةِ طَعْمُهَا طَيِّبٌ وَرِيحُهَا طَيِّبٌ وَالَّذِي لَا يَقْرَأُ الْقُرْآنَ كَالتَّمْرَةِ طَعْمُهَا طَيِّبٌ وَلَا رِيحَ لَهَا وَمَثَلُ الْفَاجِرِ الَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ كَمَثَلِ الرَّيْحَانَةِ رِيحُهَا طَيِّبٌ وَطَعْمُهَا مُرٌّ وَمَثَلُ الْفَاجِرِ الَّذِي لَا يَقْرَأُ الْقُرْآنَ كَمَثَلِ الْحَنْظَلَةِ طَعْمُهَا مُرٌّ وَلَا رِيحَ لَهَا

Artinya: “Perumpamaan orang yang membaca Al Qur`an adalah seperti buah Utrujjah, rasanya lezat dan baunya juga sedap. Sedang orang yang tidak membaca Al Qur`an adalah seperti buah kurma, rasanya manis, namun baunya tidak ada. Adapun orang Fajir yang membaca Al Qur`an adalah seperti buah Raihanah, baunya harum, namun rasanya pahit. Dan perumpamaan orang Fajir yang tidak membaca Al Qur`an adalah seperti buah Hanzhalah, rasanya pahit dan baunya juga tidak sedap”. (Riwayat Bukhari no. 4632).

Tanpa harus menilai hati orang lain, langsung saja ke diri masing-masing, termasuk yang manakah anda di hadapan hadits yang mulai tersebut??

– MANIS NAN HARUM??

– MANIS TANPA AROMA??

– HARUM NAMUN PAHIT??

– PAHIT LAGI BAU??

Dari yang keluar melalui lisan-lisan manusia pun berbeda-beda setiap mereka berbicara atau mengomentari saudaranya, baik melalui lisan atau pun tulisan semata. Ada yang manis, harum, pahit, nylekit, busuk, kotor, keji, menjijikkan, dll.

PEMBACA AL-QUR’AN, IDEALNYA UCAPANNYA ADALAH MANIS.

Bagi yang belum bisa mengaji, belajarlah!!!! Wajarkah 24 jam dalam sehari dengan setumpuk umur yang Allah berikan lalu menghadap Allah dalam keadaan belum pernah atau belum bisa membaca kalam-Nya selama di dunia??

Yang sudah bisa mengaji jangan sombong, jika ternyata hanya sekedar bisa tapi malas membaca. Sebagai tuntutan mensyukuri nikmat Allah Yang telah mengajarkan Al-Qur’an, maka bacalah kitabullah, bukan karena semata-mata berharap pahala namun juga sebagai pembuktian tentang iman kepada kitab Allah (Al-Qur’an). Allahu A`lam.

(Sumber: Status Fb. Ustadz Abu Uwais Musaddad, no. 0933).
——
Silahkan Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2269-535 a.n. PONPES MINHAJUSSUNNAH KOTARAYA, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: