MADRASAH MALAM

MADRASAH MALAM

Madrasah Malam tediri dari dua halaqah atau majelis, yaitu:

1). MAJELIS DINIYYAH UNTUK ANAK-ANAK USIA KELAS 4-6 SD

Untuk anak-anak khusus usia kelas 4-6 SD, kami mengajarkan mata pelajaran diniyah dengan kurikulum Departemen Pendidikan Yayasan Al-Sofwa. Tidak sebatas itu, mereka tetap mendapat jam tambahan menghafal Al-Qur’an. Sistem yang berjalan saat ini yakni mereka aktif belajar pada:

Pukul 20:00-21:00 Wita= Menghafal Al-Qur’an.

Pukul 21:00-21:15 Wita= Istrirahat.

Pukul 21:15-22:00 Wita= Pelajaran diniyyyah seperti Aqiidah, Fiqih, Sejarah Islam, Al-Qur’an dan Hadits, Dll sesuai jadwal yang ada.

Pukul 22:00-Menjelang Shubuh= Tidur di asrama dan bangun kembali sebelum Shubuh. Setelah sholat Shubuh berjamaah di masjid lalu mereka kembali bermajelis untuk mempelajari Tajwid hingga pukul 06:00.

Pukul 06:00= Bersiap-siap kembali ke rumah masing-masing untuk sekolah.

Bermalam di asrama adalah menjadi hal wajib dalam program ini, jumlah santi Les Madrasah Malam saat ini berjumlah 9 Putri dan 16 Putra.

Untuk Madrasah Malam ini diasuh oleh 4 tenaga pengajar yaitu Ust. Imam Syafi’i, Ust. Ahmar, Ust. Supras, Ust. Abu Uwais Musaddad, Ustadzah Ummu Bilqis.

Manfaatnya sangat terasa bagi santri, mengingat jumlah JAM pelajaran Agama di sekolah umum mereka sangatlah minim, sedang JAM pelajaran menghafal di TPA juga tak cukup panjang, maka alternatif ini sebagai solusi tepat terlebih bagi mereka yang sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan ke pesantren yang lebih jauh nantinya setelah SD, tentu dengan program ini mereka sudah terlatih tidur di asrama yang mesti pisah dari orang tuanya.

2). MAJELIS ILMU UNTUK DEWASA.

Majelis ini tanpa dibatasi usia, pelajarannya dimulai sejak pukul 18:00-21:00 setiap malamnya. Waktu belajar mereka adalah 5 malam dalam seminggu yaitu setiap malam SABTU, AHAD, SENIN, SELASA, RABU. Malam Kamis dan malam Jum`at adalah malam LIBUR bagi santri dewasa. DiLIBURkannya malam Kamis adalah karena kami mengadakan kajian pekanan di desa tetangga tepatnya di desa Sumberagung dan Kayuagung.

Di madrasah malam mereka diajarkan mata pelajaran Aqiidah, Fiqih, Bahasa Arab, Tajwid, Tahsin, Nahwu-Sharaf, dan Tahfidzul Qur’an. Santri dewasa yang tergabung dalam madrasah malam tidak hanya dari desa setempat, bahkan dari desa tetangga yang jaraknya berkilo-kilo meter seperti Tinombala, Kayuagung, sumberagung, Moubang, Maranti, Ogobayas, Dan Tilung.

Untuk Madrasah Malam khusus dewasa, semua mata pelajaran saat ini diasuh oleh satu orang ustadz saja, yaitu Abu Uwais Musaddad –hafidzahullahu Ta`aala-. (Tulisan Ini Diperbarui Hari Rabu 15 Jumaadal Aakhirah 1440 H/20 Februari 2019 M).

Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2813-504 a.n. MUKHLISIN, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: