JANGAN REMEHKAN MALAM GENAP

Ditulis Oleh: Abu Uwais Musaddad

Jangan remehkan  malam genap! Sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad -shallallahu `alaihi wa sallam-, dan beliau memotofasi kita untuk mengencangkan ikatan sarung di 10 malam hari terkahir ramadhan.

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: – كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا دَخَلَ اَلْعَشْرُ -أَيْ: اَلْعَشْرُ اَلْأَخِيرُ مِنْ رَمَضَانَ- شَدَّ مِئْزَرَهُ, وَأَحْيَا لَيْلَهُ, وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ – مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Artinya: “Dari `Aisyah -radhiyallahu `anha-, ia berkata: “Rasulullah -shallallahu `alaihi wa sallam- biasanya apabila memasuki 10 Ramadhan terakhir, maka beliau mengencangkan sarungnya, menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah”. (Riwayat Al-Bukhari no. 2024 dan Muslim no. 1174).

Beliau juga bersabda:

تَحرُّوا ليلةَ القَدْر في العَشْر الأواخِر من رمضانَ

Artinya: “Bersemangatlah mencari lailatul qadar di sepuluh hari terakhir pada bulan Ramadhan”. (Riwayat Al-Bukhari no. 2020 dan Muslim no. 1169).

Beliau juga bersabda:

تَحرُّوا لَيلةَ القَدْرِ في الوَتْر من العَشرِ الأواخِرِ من رمضانَ

Artinya: “Bersemangatlah mencari lailatul qadar di malam ganjil di sepuluh hari terakhir pada bulan Ramadhan”. (Riwayat Al-Bukhari no. 2017).

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin -rahimahullah- berkata:

Lantas, malam keberapa sajakah yang merupakan bilangan ganjilnya? Jawabnya adalah: “(Malam) ke-21, 23, 25, 27, dan 29, lima malam tersebutlah yang sangat diharapkan terjadi lailatul qadar, namun ini tidak berarti bahwa lailatul qadar tidak mungkin terjadi kecuali pada malam ganjil tersebut saja, bahkan bisa jadi ada pada malam ganjil dan bisa jadi pula terdapat pada selain ganjil. (Asy-Syarh Al-Mumti` [VI/494]).

|Kotaraya, Sulawesi Tengah. Selasa 22 Ramadhan 1442 H/ 04 Mei 2021 M.

(Artikel Ini Pernah Dimuat Dalam Akun Facebook Abu Uwais Musaddad Pada Status No. 1334).

Silahkan Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2269-535 a.n. PONPES MINHAJUSSUNNAH KOTARAYA, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: