TAFSIR AS-SA`DIY (13) RIZKI KARENA ALLAH JAMIN

Ditulis Oleh: Abu Uwais Musaddad

Allah –Subhanahu Wa Ta`ala- berfirman:

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الأرْضِ إِلا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

Artinya: “Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)”. (Surat Hud: 06).

Asy-Syaikh `Abdurrahman bin Nashir As-Sa`diy –rahimahullah- berkata: Maksudya, semua yang merayap di muka bumi berupa manusia, binatang darat atau laut maka Allah telah menjamin rizki dan makanan mereka, rizki mereka menjadi kewajiban Allah.

Ayat “Dan Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya” maksudnya Dia mengetahui tempat berdiam diri binatang-binatang ini yaitu rumah tempat tinggalnya dan perlindungannya, dan mengetahui tempat penyimpanannya yaitu tempat di mana ia berpindah kepadanya pada waktu pulang-perginya dan kondisi-kondisi tertentunya.

Ayat “Semua” maksudnya seluruh perincian tentang keadaannya.

Ayat “(tertulis) dalam kitab yang nyata” maksudnya yakni Lauh Mahfudz yang meliputi seluruh peristiwa yang terjadi di langit dan bumi. Semuanya diliputi oleh ilmu Allah, dicatat oleh pena-Nya, berlaku padanya kehendak-Nya dan dicukupi oleh-Nya rizkinya. Hendaknya manusia tetap TENANG kepada jaminan Allah yang menjamin rizkinya dan yang ilmu-Nya meliputi Dzat dan sifat-sifat-Nya.

(Lihat Taisiir Al-Kariimir-rahmaan Fii Tafsiir Kalaamil Mannaan, Hal. 377, Cet. Maktabah An-Nubalaa’. Karya Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa`diy).

Semoga ada manfaatnya.

|Abu Uwais Musaddad
|Kotaraya, Sulawesi Tengah Selasa 27 Dzulqa`dah 1440 H/30 Juli 2019 M.

(Artikel Ini Pernah Dimuat Dalam Akun Facebook Abu Uwais Musaddad Pada Status No. 1252).

Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2813-504 a.n. MUKHLISIN, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: