TAFSIR AS-SA`DIY (16) RIZKI KARENA ISTIGHFAR

Ditulis Oleh: Abu Uwais Musaddad

Allah –Subhanahu Wa Ta`ala- berfirman:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا، يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا، وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

Artinya: “Maka aku berkata kepada mereka: Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu”. (Surat Nuh: 10-12).

Asy-Syaikh `Abdurrahman bin Nashir As-Sa`diy –rahimahullah- berkata: “Ayat: Maka aku berkata kepada mereka: Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu!”, yakni tinggalkan dosa kalian dan memintalah ampunan pada Allah atas dosa-dosa kalian itu.
Ayat “sungguh, Dia Maha Pengampun”, yakni yang banyak ampunan-Nya bagi orang yang bertaubat dan meminta ampun.

Nabi Nuh -`alaihissalaam- mendorong kaumnya untuk meminta ampunan atas segala dosa serta melakukan apa-apa yang mendatangkan pahala dan terhindar dari siksa. Nabi Nuh -`alaihissalaam- juga mendorong mereka pada kebaikan dunia yang disegerakan seraya berkata: “niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu”, yakni hujan yang menghidupkan negeri dan manusia.

Ayat “dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu” yakni memperbanyak harta yang dengan harta itu kalian bisa mendapatkan apa saja yang kalian inginkan dan juga anak-anak kalian.

Ayat “dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu” yakni inilah antara puncak kenikmatan dan tuntutan dunia”. (Lihat Taisiir Al-Kariimir-rahmaan Fii Tafsiir Kalaamil Mannaan, Hal. 889, Cet. Maktabah An-Nubalaa’. Karya Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa`diy).

Semoga ada manfaatnya.

|Kotaraya, Sulawesi Tengah Rabu 06 Dzulhijjah 1440 H/07 Agustus 2019 M.

(Artikel Ini Pernah Dimuat Dalam Akun Facebook Abu Uwais Musaddad Pada Status No. 1256).

Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2813-504 a.n. MUKHLISIN, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: