TAFSIR AS-SA`DIY (18) RIZKI KARENA BERSYUKUR

Ditulis Oleh: Abu Uwais Musaddad

Allah Ta`ala berfirman:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لأزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Artinya: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat pedih”. (Surat Ibrahim: 07).

Asy-Syaikh `Abdurrahman bin Nashir As-Sa`diy –rahimahullah- berkata: Ayat “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan” maksudnya adalah bahwa Allah memberitahukan dan menjanjikan.

Ayat “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah kepadamu” maksudnya adalah menambahkan dari nikmat-nikmat-Ku.

Ayat “Tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat pedih” yakni di antara bentuk siksa-Nya adalah Allah akan melenyapkan nikmat yang telah Allah curahkan kepada mereka.

Bersyukur hakikatnya adalah pengakuan hati terhadap nikmat-nikmat Allah dan menyanjung-Nya karena nikmat tersebut, serta menggunakannya dalam keridhaan Allah. Sedangkan mengkufuri nikmat Allah mempunyai pengertian kebalikan dari hal tersebut.

(Lihat Taisiir Al-Kariimir-rahmaan Fii Tafsiir Kalaamil Mannaan, Hal. 422, Cet. Maktabah An-Nubalaa’. Karya Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa`diy).

Semoga ada manfaatnya.

|Kotaraya, Sulawesi Tengah Kamis 19 Al-Muharram 1441 H/ 19 September 2019 M.

(Artikel Ini Pernah Dimuat Dalam Akun Facebook Abu Uwais Musaddad Pada Status No. 1265).

Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2269-535 a.n. PONPES MINHAJUSSUNNAH KOTARAYA, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: