TAFSIR AS-SA`DIY (2) MENJUAL DIRI UNTUK ALLAH

TAFSIR SURAT AL-BAQARAH AYAT 207

Ditulis Oleh: Abu Uwais Musaddad

Allah ta`aala berfirman:

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْرِي نَفْسَهُ ابْتِغَاءَ مَرْضَاةِ اللَّهِ وَاللَّهُ رَءُوفٌ بِالْعِبَادِ

Artinya: “Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan Allah; dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-hamba-Nya”. (surat Al-baqarah: 207).

Asy-syaikh Abdurrahman bin Nashir As-sa`diy berkata: mereka ini adalah orang-orang yang diberi taufiq oleh Allah, merekalah yang telah menukar diri mereka dan menjualnya serta mempersembahkannya demi memperoleh keridhoan Allah dan mengharapkan pahala-Nya.

Mereka megorbankan segala yang berharga untuk Allah Yang Maha Memiliki dan Maha Menepati janji, Yang Maha Penyantun kepada hamba-hamba-Nya. Diantara kelembuatan dan kasih sayang Allah adalah ketika Allah memberi taufiq kepada mereka untuk bisa melakukan hal tersebut. Dan Allah berjanji untuk menepati hal tersebut dalam firman-Nya (artinya):

“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin itu diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka….”. Sampai akhir ayat.

Dalam ayat ini Alah mengabarkan bahwa mereka telah menjual diri mereka dan mempersembahkannya, dan Allah juga memberi tahu tentang kasih sayang-Nya yang pasti terjadi, sehingga mereka memperoleh apa yang mereka inginkan dan apa yang mereka senangi. Maka janganlah ditanyakan lagi tentang apa pun yang mereka raih berupa kemuliaan dan apa yang mereka dapatkan berupa kemenangan dan kehormatan. [SELESAI]

(Taisiirul kariimir-rahmaan fii tafsiiri kalaamil-mannaan hal. 94).

Catatan:
Ayat: “Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin itu diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka….” adalah surat At-taubah ayat 111). Lengkapnya: Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan Itulah kemenangan yang besar.

Wallahu A`lam.

|Kotaraya, Sulawesi, Ahad 28 Shafar 1436 H/21 Desember 2014 M.

(Artikel Ini Pernah Dimuat Dalam Akun Facebook Abu Uwais Musaddad Pada Status No. 0823).

Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2813-504 a.n. MUKHLISIN, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: