TAFSIR AS-SA`DIY (5) SEMAKIN MENGILMUI TENTANG ALLAH, PASTI SEMAKIN TAKUT

TAFSIR AS-SA`DIY (5) SEMAKIN MENGILMUI TENTANG ALLAH, PASTI SEMAKIN TAKUT

Ditulis Oleh: Abu Uwais Musaddad

Allah `Azza wa Jalla berfirman:

إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ

Artinya: “Sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hamba-hamba-Nya, hanyalah orang-orang yang berilmu (mengenal Allah)”. (Surat Fathir :28).

Asy-Syaikh `Abdurrahman bin Nashir As-Sa`diy –rahimahullah- berkata: “Semakin banyak pengetahuan seseorang terhadap (nama-nama dan sifat-sifat) Allah -Subhaanahu Wa Ta`aala-, maka rasa takutnya kepada-Nya pun semakin besar, yang kemudian rasa takut ini menjadikan dirinya (selalu) menjauhkan dirinya dari perbuatan-perbuatan maksiat dan (senantiasa) mempersiapkan diri untuk berjumpa dengan yang ditakutinya (Allah -Subhaanahu Wa Ta`aala-).

Ini merupakan satu dalil yang menunjukkan tingginya keutamaan ILMU, sebab ilmu akan mengajak untuk takut kepada Allah, dan orang-orang yang takut kepada-Nya adalah orang-orang yang  dianugerahi karamah, sebagaimana Allah berfirman:

رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ذَلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهُ

Artinya: “Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya”. (Surat Al-Bayyinah: 8).

(Lihat Taisiir Al-Kariimir-rahmaan Fii Tafsiir Kalaamil Mannaan, Hal. 689, Cet. Maktabah An-Nubalaa’. Karya Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa`diy.

|Kotaraya. Sulawesi Tengah. Saat Gerhana Bulan, Menjelang Shubuh, Sabtu 15 Dzulqa`da 1439 H/28 Juli 2018 M

(Artikel Ini Pernah Dimuat Dalam Akun Facebook Abu Uwais Musaddad Pada Status No. 1189).

Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2813-504 a.n. MUKHLISIN, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: