TAFSIR AS-SA`DIY (7) BERSAMALAH DENGAN ORANG-ORANG YANG BENAR YAITU PARA SHAHABAT NABI

Ditulis Oleh: Abu Uwais Musaddad

Allah –Subhanahu Wa Ta`ala- berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah, dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar”. (Surat At-Taubah: 119).

Asy-Syaikh `Abdurrahman bin Nashir As-Sa`diy –rahimahullah- berkata: “dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar” yakni mestinya adalah mengikuti baik dalam perkataan, perbuatan, maupun keadaan, di mana hati mereka selamat dari niat buruk, berhati ikhlas dan berniat baik, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan membawa seseorang ke surga. (Lihat Taisiir Al-Kariimir-rahmaan Fii Tafsiir Kalaamil Mannaan, Hal. 355, Cet. Maktabah An-Nubalaa’. Karya Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa`diy).

CATATAN:

1). Imam Ibnul Qayyim –rahimahullah- berkata: “Lebih dari seorang generasi salaf mengatakan: Mereka (orang-orang yang benar) adalah PARA SHAHABAT Nabi Muhammad –shallallahu `alaihi wa sallam-, dan Allah telah meridhai mereka. (Lihat Bashaa’ir Dzawii Syaraf bi Syarah Marwiyyati Manhajis Salaf, hal. 43. Lihat Mulia Dengan Manhaj Salaf, Hal. 73 Karya Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas).

2). Ittiba` kepada para Shahabat itu menjadi kurang sempurna bila hanya “yang penting mengikuti di salah satu sisinya saja”.

|Kotaraya, Sulawesi Tengah. Selasa, 02 Jumaadal Uula 1440 H/08 Januari 2019 M.

(Artikel Ini Pernah Dimuat Dalam Akun Facebook Abu Uwais Musaddad Pada Status No. 1204).

Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2813-504 a.n. MUKHLISIN, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: